Omahaksara.id adalah sebuah situs web yang menyediakan informasi, pembelajaran, dan apresiasi terhadap aksara Jawa. Tujuannya untuk melestarikan dan mengembangkan aksara Jawa di era digital serta memperluas jangkauan dan penggunaan aksara di berbagai bidang. Situs ini dibuat sebagai wujud nyata dari Workshop Implementasi Kongres Aksara Jawa yang diadakan di Surakarta bulan Desember 2023.
Wadah dalam bentuk rumah maya ini menjadi tempat untuk berekspresi budaya dalam upaya bersama melestarikan, menjaga dan mengembangkan Aksara Jawa baik di nusantara maupun mancanegara. Terminologi omahaksara mencerminkan tujuan portal tersebut sebagai tempat berkumpulnya para pegiat dan penggiat aksara Jawa.

Secara filosofis nama “omah” menyimpan makna kepingan doa “om” yang juga berarti rumah sejati, sekaring bhawana langgeng. “omah” menjadi tempat untuk nguri-uri secara literasi budaya Jawa, khususnya aksara Jawa. Omahaksara menjadi tempat bertemunya pegiat dan penggiat aksara Jawa dari tiga provinsi secara maya.

Menjadi website yang terdepan dan terpercaya dalam menyediakan sumber belajar dan berbagi tentang aksara Jawa, serta mampu menginspirasi dan memberdayakan masyarakat untuk melestarikan dan mengembangkan aksara Jawa sebagai warisan budaya bangsa.

  1. Menyediakan materi pembelajaran dengan platform online yang lengkap, mudah dipahami, praktis dan menarik untuk belajar aksara Jawa.
  2. Menyajikan fitur-fitur interaktif (seperti forum dan galeri), konten-konten menarik dan informatif seputar sejarah, bentuk, dan penggunaan aksara Jawa dalam berbagai bidang.
  3. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dengan pelestarian dan pengembangan aksara Jawa, seperti akademisi, seniman, komunitas, dan pemerintah.
  4. Mendorong kreativitas dan inovasi dalam mengaplikasikan aksara Jawa dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Menggali dan mengembangkan potensi aksara Jawa dalam berbagai aspek kehidupan, seperti seni, sastra, dan teknologi.